Sabtu, 26 November 2011

CONTOH DESKRIPSI NARASUMBER SETELAH MELAKUKAN WAWANCARA

Pahit Manisnya Mencapai Buah Kesuksesan
Buah kesuksesan tak dapat terwujud begitu saja. Semua memerlukan waktu, pengorbanan, dan tantangan. Ada kemauan pasti ada jalan.
Bapak Fatturohman merupakan salah satu orang yang memiliki bisnis usaha transportasi. Dilihat dari fisik yaitu tegaknya tubuh ia seorang yang bijak dan berwibawa dengan model sederhana dan murah senyum. Namun ia adalah sosok orang yang sabar, pekerja keras, dan pantang putus asa. Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu, dan ia mempunyai kakak dan adik. Untuk itu ia mempunyai tekat yang keras dalam upaya menyejahterakan keluarganya. Karena ia tak ingin melihat keluarga dan saudaranya hidup hanya sebagai pengangguran.
Bapak Fatturrohman tinggal di Desa Kalianget Kabupaten Wonosobo. Ia hidup bersama istri dan ketiga anaknya. Pekerjaan kesehariannya adalah berdagang kayu dan menghandel usaha transportasi. Semua itu ia lakukan tanpa kenal lelah. Untuk berdagang kayu, ia membangun sebuah kios kecil disamping rumah barunya. Pendapatan yang diperolehnya pun tidak seberapa, namun ia tetap bersyukur dan mempertahankan usahanya. Baginya masalah yang dihadapi merupakan sebuah tantangan hidup. Kata-kata tersebut merupakan sebuah motivasi diri bagi Bapak Fatturohman.
Sebelum menekuni bisnis transportasi , dulu ia bekerja sebagai tukang kredit. Selang waktu yang lama, usaha kredit kini tak membawakan hasil. Ia mengalami kemacetan pada salah satu nasabahnya. Namun ia tetap bersabar dan kemudian memutuskan untuk menghentikan pekerjaannya dan beralih ke usaha yang lain. Kebetulan pada saat itu usaha kayu merupakan usaha yang sedang marak, jadi ia tertarik untuk berdagang kayu. Usaha kayu yang ia tekuni tidak memiliki tempat ijin yang resmi dan memiliki banyak pesaing, namun ia tetap bersyukur dengan pendapatan yang diperolehnya. Namun jerih payahnya sedikit demi sedikit berbuah, dan ia akhirnya membangun sebuah rumah dan kios baru yang bersebelahan.
Pengorbanan yang ia lakukan tidak hanya sampai disitu. Ia tetap ingat dengan tekat dan pendiriannya, yaitu menyejahterakan keluargannya terutama kakak dan adiknya. Ia tak mau melihat keluarganya sebagai pengangguran.
Dari kecil Bapak Fatturohman sangat menyukai mobil-mobilan, sampai sekarang ia pun masih menyukainya. Tuhan memang Maha Adil, Beliau mengetahui hamba-hamba-Nya yang sabar dan tak kenal putus asa. Lewat kegemarannya itu , Bapak Fatturohman diberi petunjuk untuk membuka bisnis transportasi keluaraga. Maksudnya bisnis tersebut dikelola oleh keluarga dan saudara-saudaranya. Di situlah akhirnya Bapak Fatturohman bersama keluarga dan sanak saudaranya mulai berkecimpung dan menekuni bisnis transportasi. Modal pertama yang ia keluarkan tidak begitu besar, namun ia penuh dengan keyakinan bahwa usahanya akan sukses. Usaha yang dilakukan selama ini tak hanya berbekal materi, usaha, dan tenaga namun juga berbekal doa.
Sedikit demi sedikit, kini usaha transportasi mulai berkembang. Di tengah bisnis transportasi, ia juga mengalami berbagai kendala yaitu adanya masalah dalam transportasi. Seperti banyak sedikitnya penumpang dan setoran, adanya kecelakaan, mogoknya transportasi, dan lain-lain. Untuk itu Bapak Fatturohman membuat alternatif dalam penanggulangan ketidakmungkinan yang tejadi, yaitu dengan cara memanageman pendapatan agar seimbang dengan pengeluaran.
Kini usaha transportasipun berjalan seimbang dengan usaha kayu yang masih ia pertahankan. Walaupun pendapatan kayu yang ia peoleh selama ini tidak selalu merata, itu disebabkan karena peminat atau konsumen jarang yang mencari. Ibarat pepatah “ Semakin tinggi suatu pohon, maka semakin kencang angin yang menerpa ”.
Kini usaha kayu dan transportasi merupakan usaha yang ia raih dengan penuh perjuangan. Tidak mungkin usaha tersebut hilang begitu saja tanpa ada yang meneruskan. Ia berharap kelak salah satu anaknya dapat meneruskan usaha tersebut, walaupun usahanya tidak ada yang memegang namun setidaknya masih dipertahankan meski pengelolanya tidak sepenuhya dari pihak keluarga.
Bapak Fatturohman seorang pengusaha dengan tekat dan usaha meraih harapan tanpa putus asa.

CONTOH PROPOSAL BULAN BAHASA

Tugas Bahasa Indonesia
PROPOSAL
KEGIATAN BULAN BAHASA 2011





Disusun Oleh :
1. Agus Dwi Widya
2. Anggreina
3. Dewani Prita S
4. Fandi Adhitya
5. Novia Sri H
6. Tsamaroh Nidaa P

XI IPA 2
SMA NEGERI 1 WONOSOBO
Jl. Tumenggung Jogonegoro Km.02 Wonosobo 56314
Telp./ Fax. (0286) 321155. Website : www.sma1wonosobo.sch.id ,
E-mail : sma1wsb@gmail.com .
1. Latar Belakang
Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu pada bulan Oktober biasa diperingati sebagai bulan bahasa.
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan etnik dan budaya, salah satunya yaitu bahasa dan sastra. Bahasa yang kini tersebar di wilayah Indonesia kurang lebih sekitar 442 bahasa. Meskipun terdiri dari berbagai macam latar belakang bahasanya, namun bahasa Indonesia merupakan media penghubung bahasa satu dengan bahasa lain yang berarti sebagai bahasa pemersatu bangsa. Selain itu bahasa Indonesia juga masih memempunyai fungsi yaitu sebagai bahasa komunikasi pemersatu bangsa.
Berbicara mengenai bahasa Indonesia umumnya akan tertuju langsung pada sastra Indonesia. Karena sastra Indonesia juga sebagai pembentuk karakter dan jati diri bangsa Indonesia sehingga mempunyai nilai-nilai luhur budaya yang dapat meningkatkan keanekaragaman bahasa dan budaya.
Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa Indonesia belum digunakan secara baik dan benar. Untuk itu dengan adanya kegiatan bulan bahasa diharapakan semua lapisan masyarakat khususnya pelajar dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan sesuai. Selain itu bulan bahasa tidak hanya digunakan sebagai tameng bahasa pemersatu saja,namun juga digunakan sebagai wadah atau sarana penyaluran dan pembinaan serta pengembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang aktif dalam keseharian.

2. Tema
Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2011 diselenggarakan dengan tema “Pembentukan Karakter Bangsa melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra Indonesia”.

3. Tujuan
Kegiatan “ Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia” bertujuan untuk :
a. Umum :
Meningkatkan kualitas berbahasa dan bersastra Indonesia.

b. Khusus :
• Meambah pengetahuan siswa tentang berbahasa dan bersastra Indonesia.
• Memberikan kreatifitas siswa dalam berkarya Indonesia.
• Manambah pengetahuan siswa tentang keanekaragaman budaya dan bahasa Indonesia.
• Melatih siswa untuk peduli terhadap bahasa Indonesia.
• Melatih siswa berpendapat di depan umum.
• Sebagai media penyalur bakat bahasa dan sastra.






4. Sasaran
Sasaran dari kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Wonosobo.

5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu : 27 Oktober 2011.
Tempat : SMA Negeri 1 Wonosobo.

6. Acara Kegiatan
a. Karawitan dari extra kurikuler karawitan SMA Negeri 1 Wonosobo
b. Lomba Penulisan Proposal Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan
c. Lomba Penulisan Cerita Rakyat
d. Lomba Cipta Puisi Remaja
e. Pentas Sastra
f. Debat Bahasa
g. Duta Bahasa








7. Susunan Kepanitiaan

Penanggung Jawab : Dana Rufaida, S.Pd
Pembimbing : Drs. Nuroso
Ketua Panita : Anggreina
Sekretaris : Dewani Prita Sumbadra
Bendahara : 1. Novia Sri Hapsasari
: 2. Agus Dwi Widya
Seksi-seksi

1. Seksi Acara : 1. Fandi Aditya
: 2. Tsamaroh Nidaa Putri

2. Seksi Dekorasi : 1. Allan Allutfi
2. Ajeng Wulandari

3. Seksi Humas : 1. Anang Bhaktinusa P
2. Dian Adi Saputra

4. Seksi Dokumentasi : 1. Amanda Rusdiarto
2. Elina Prihartini

5. Seksi Perlengkapan : 1. Yohanes Iwan
2. Erlangga Rizky W

6. Seksi Keamanan : 1. Bramantio Awalludin H
2. Dhanang Dwi C

7. Seksi Konsumsi : 1. Yuanita Arizona
2. Aryani Puspitasari

8. Anggaran Biaya
a. Pemasukan

No Jumlah Rupiah
1 Bantuan Sekolah 1.000.000
2 Kas Osis 700.000
3 Iuran Semua Kelas 24x 25.000 = 600.000
4 Sponsor 300.000
Jumlah 2.600.000



b. Pengeluaran

No Jumlah Rupiah
1 Peralatan 450.000
2 Sewa Panggung 550.000
3 Sound System 400.000
4 Transportasi 125.000
5 Konsumsi 150.000
6 Hadiah 360.000
7 Dokumentasi 460.000
8 ATK dan lain-lain 105.000
Jumlah 2.600.000




9. Penutup
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan semua pihak dapat berpartisipasi dalam kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan harapan. Semoga Allah memberkahi rencana kegiatan ini.

Wonosobo, 14 September 2011

Ketua OSIS Ketua Panitia



Bhayu wijaya Anggreina


Mengetahui,


Guru Pembimbing Penanggung Jawab



Drs. Nuroso Dana Rufaida, S.Pd
NIP : 19640331 199512 1 001 NIP : 19620914 198601 2 002